KESAN PERTAMA MASUK PRODI TEKNIK MESIN

Halo semuanya, selamat pagi-siang-sore-malam, dimanapun kalian berada dan kapanpun kalian baca tulisanku kali ini, semoga kalian dalam keadaan bahagia dan baik - baik saja. Kali ini saya akan sedikit menceritakan kesan pertama menjalani perkuliahan di teknik mesin Universitas Jember. 

Yang saya tau, teknik mesin adalah prodi yang mempelajari tentang semua benda yang bergerak. Teknik mesin apabila diterjemahkan ke bahasa inggris adalah "Mechanical Engineering". Dapat dilihat di bahasa inggrisnya saja "Mechanical" yang jelas - jelas akan belajar tentang mekanikal atau bagaimana suatu benda dapat bergerak. Namun dalam hal ini, ilmunya difokuskan ke mesin, mesin juga sesuatu yang bergerak kan? ya, penjelasan sederhana tentang prodi teknik mesin seperti itu.

Banyak miskonsepsi masyarakat tentang teknik mesin. Saat saya ditanya oleh tetangga tentang prodi saya, selalu ada celetukan "ohhh ngkok kerjoane ndandani mobil karo motor kan?" (dalam bahasa indonesia : ohhh, nanti pasti kerjaannya servis mobil dan motor kan?). Wah, sebenarnya saya sedikit sangat merasa tersinggung sih haha. Bayangin aja, kuliah 4 tahun, ending-ending nya masa servis motor dan mobil, BIG NO NO. Nanti pekerjaan kami setelah lulus itu bisa jadi insinyur mesin, kerja di industri otomotif, di industri pangan, di pertambangan dan perminyakan, industri pesawat terbang, dosen, dan masih banyak lagi pak buk, bukan servis kendaraan, hmmm.

Kesan pertama saya saat masuk teknik mesin gimana? KAGET. ya, sangat kaget. Kenapa kaget? ya karena ketika pertama kali perkuliahan dimulai, penjelasan dosen sangat cepat. Umpama minggu pertama membahas bab A, minggu selanjutnya tiba-tiba membahas bab B, saya sangat tidak bisa beradaptasi dengan hal itu, maklum dulu waktu SMA selalu disuapin materi oleh guru.

Namun lama - kelamaan, akhirnya saya bisa beradaptasi dengan hal seperti itu. Ternyata itu perbedaan perguruan tinggi dan sekolah menengah, secara garis besarnya seperti itu. Di SMA, guru menyuapi siswa sedangkan di perguruan tinggi kita dituntut untuk belajar sendiri sedangkan dosen hanya "membuka jalan" untuk mahasiswanya.

Peringatan untuk kalian yang mungkin berminat untuk masuk prodi teknik mesin. Akan sangat banyak 'itung-itungan dan penerapan fisika di prodi ini'. Jadi, buat kalian yang ingin masuk teknik mesin dengan bayangan "wah kayaknya nanti keren kayaknya ya diajari cara otak-atik mesin" dan membenci matematika dan fisika, jangan coba-coba deh masuk prodi ini. Kalau kalian tertarik (karena ketertarikan membuat kita penasaran) pada matematika dan fisika namun kurang menguasai sewaktu SMA, masih tidak apa - apa untuk masuk prodi yang satu ini(saya seperti itu, tapi saya punya ketertarikan mempelajari cara kerja mesin, haha mencari celah banget ya). Karena ada beberapa teman seangkatan saya yang masuk teknik mesin dan akhirnya memutuskan untuk resign (benar sekali, baru beberapa minggu perkuliahan dimulai) karena merasa salah jurusan. 

Kalau dalam hal lingkungannya, jangan ditanya lagi. Mahasiswa teknik mesin sudah pasti super solid dalam keadaan apapun. Karena slogan teknik mesin "Solidarity M Forever" yang tertancap di hati mahasiswa teknik mesin sehingga membuat kesolid-an nya "Forever" seperti slogannya. Solidarity M Forever juga bisa dianalogikan sebagai mesin yang tidak akan bekerja apabila salah satu komponennya ada yang rusak atau hilang jadi kami saling melengkapi satu sama lain, pertemanan kami di teknik mesin kira-kira seperti itu. Tapi kelemahan di prodi teknik mesin itu, perempuannya SANGAT SANGAT SEDIKIT SEKALI. Perempuan di angkatan saya hanya 9. Benar, hanya 9 diantara 130 mahasiswa. Tapi, untuk perempuan yang ingin masuk prodi teknik mesin jangan berkecil hati karena hal itu , perempuan di teknik mesin akan benar-benar dijaga oleh para laki-lakinya, sangat jelas sekali. Mungkin karena kelangkaan itu ya yang membuat perempuan di teknik mesin sangat dijaga dan diistimewakan, bukan dibaperin lhoo ya haha. 

Kembali ke laptop, untuk mata kuliah (matkul) yang akan dihadapi di semester 1 apa aja ya? hampir sama seperti SMA sih untuk matkulnya, kalau matkul semester 1 di teknik mesin Universitas Jember seperti ini rinciannya (untuk universitas lain kurang lebih bakalan sama)

  1. Teknologi Informasi
  2. Termodinamika
  3. Kalkulus 1/Matematika 1A
  4. Ilmu Bahan 
  5. Praktikum Ilmu Bahan
  6. Fisika 1/Fisika Dasar
  7. Praktikum Fisika
  8. Gambar Teknik
  9. Kimia Dasar
  10. Metrologi Industri
Seandainya kalian sewaktu SMA masternya matematika, fisika dan kimia, saya mau mengucapkan SELAMAT! Karena di semester 1 ini, kalian akan selangkah lebih maju daripada teman-teman kalian (tentu harus diimbangi dengan keuletan juga). 

Itulah kira-kira sedikit cerita mengenai kesan pertama saya menjadi maba di prodi teknik mesin. Di postingan selanjutnya, akan saya jelaskan sedikit tentang matkul-matkul itu beserta tautan untuk mengunduh e-book nya. Semoga apa yang saya tuliskan kali ini bermanfaat untuk kalian dan saya sendiri, dan juga semoga senantiasa kita diberi kesehatan, aamiin. Sekian terima kasih.

Komentar

Postingan Populer